PowerBuilder Framework

Ini salah satu contoh framework sederhana yang saya gunakan. Sangat mempermudah pembuatan aplikasi, ini saya gunakan di beberapa software buatan saya.

Framework ini memiliki fitur antara lain :

Menggunakan PowerBuilder Versi 11.5

Menu Modul sebelah kiri, menggunakan datawindow dan struktur menu ada didalam table database. Yang bisa secara dinamis diatur, misalnya user mana saja yang boleh mengakses menu apa. Menu di hubungkan dengan nama window object jadi setiap klik pada modul menu akan membuka window nya tanpa harus menuliskan scriptnya, cukup mengisikan nama window object pada database table.

Window Main

Custom Status bar, ini juga menggunakan datawindow, menampilkan status, kode koneksi dan user. Serta menampilkan 4 rectangle icon yang menyatakan status otorisasi user terhadap modul/window.

Memiliki beberapa jenis predefined window, antara lain : MASTER, MASTER DETAIL, MASTER LIST, MASTER LIST WITH HEADER, TRANSACTION, TRANSACTION WITH DETAIL, dan lain-lain, serta bisa di custom sesuai kebutuhan.

Disemua modul window memiliki button strip yang memudahkan pengguna pemula dengan menuliskan shortcut dibawah buttonnya. Button strip ini bisa di hidden untuk memperluas area kerja.

Window Master

Window Master With List

Master List With Header

Window Transaction Header With Detail

Window Transaction Header Listing (Report)

Window Print Preview yang bisa langsung digunakan tanpa menuliskan script, cukup dengan membuat datawindow print out reportnya.

Window Find untnuk pencarian dalam datawindow yang terbuka (focus). Window search untuk pencarian data yang akan dipilih menjadi input ke datawindow lain, misalnya window search kode barang.

Window Find

Window Search

Window Inqury untuk melakukan pencarian data dengan parameter input sebagai search kriteria dari column-column.

Sy juga ada satu menu yang lucu, kl mouse pointer mendekat dia akan membesar dan kalo menjauh kembali semua (seperti model icon di Mac).

Nah bagi rekan yang berminat menggunakan Framework ini, silahkan download disini. Setelah Download ubah extension dari app.PPT menjadi app.RAR lalu gunakan WinRAR utk extract

Saya bersedia memberikan workshop untuk membantu anda dalam penggunaan Framework ini, silahkan hubungi saya. Saya Tunggu.

0 comments on “PowerBuilder FrameworkAdd yours →

  1. Selamat pagi mastah. Saya sedang belajar PB untuk kepentingan pekerjaan saya sbg developer. Dulunya saya java developer skr dituntut untuk menggunakan PB karena hampir seluruh program perusahaan menggunakan PB. Tolong share cara penggunaan framework ini mastah Zulmach. Kalau berkenan bisa e-mail saya di jordankun92@gmail.com

  2. I am looking your kind help to develop this type of framework .Please send me the demo code at my mail .thanks in advance

  3. Bagaimana kabarnya pak…?,
    Saya sangat tertarik dengan framework tersebut. YM / email saya ya pak. Yogi-Gresik

Tinggalkan Balasan

Translate â–²
%d blogger menyukai ini: