Scrolling Datawindow Menggunakan Timer

Dengan memanfaakan timer event pada object window kita bisa melakukan efek scrolling datawindow untuk menampilkan data secara bergantian. Digunakan misalnya jumlah row yang dapat ditampilkan lebih sedikit dari jumlah seluruh row namun ingin menampilkan setiap row satu persatu. Implementasinya bisa digunakan untuk menampilkan informasi  seperti informasi antrian atau pendaftaran.

Metode yang digunakan adalah memindahkan row pertama menjadi row paling akhir sehingga didapat efek scrolling yang berulang.

Asumsi datawindow dw_list memiliki jumlah row melebihi jumlah yang dapat ditampilkan.

Contoh tampilan :

Langkah nya sederhana :

1.       Pada open event di window object  misalnya w_list kita panggil function timer() untuk mengaktifkan timer event nya

2.       Kemudian dengan metode rowsMove() kita pindahkan row pertama menjadi row yang paling akhir. Scriptnya kita letakkan pada timer event dari windownya

Script diatas akan memindahkan row pertama ke baris paling akhir ini membuat efek baris dibawahnya akan naik satu baris, namun  jika menginginkan efek sebaliknya (baris paling atas menjadi turun satu persatu) tinggal membalik saja logikanya yaitu memindahkan baris paling akhir menjadi baris pertama. Tergantung pada kebutuhan Anda.

Mudah saja kan. Semoga bermanfaat.

0 comments on “Scrolling Datawindow Menggunakan TimerAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Translate ▲
%d blogger menyukai ini: