Datawindow Tile Menu Updated

Pendahuluan
Tren menu dengan model Tile di populerkan oleh Microsoft pada era Windows 8, untuk implementasi dalam PowerBuilder kita dapat menggunakan Datawindow. Seperti yang sudah pernah kita buat sebelumnya, berikut datawindow object tile menu yang telah mendapatkan beberapa update.

Diantaranya :
1. Tooltip saat mouse masuk tile
2. Menggunakan image untuk tile background
3. Efek mouseenter ketika pointer masuk dalam tile
4. Perbaikan saat mengambil informasi row

Cara menggunakan
Untuk menggunakan tile menu ini perlu diperhatikan struktur object nya sebagai berikut, Perhatikan sample file menggunakan PowerBuilder 12.6 sebagai berikut :

Object yang digunakan adalah u_dwtile yang merupakan user custom visual class datawindow control sebagai container yang sudah berisi script yang dibutuhkan sehingga anda tidak perlu lagi menuliskan script yang didalam nya menampilkan datawindow object dwo_tilemenu yang menentukan bagaimana datawindow membentuk tile dengan menggunakan datawindow expression. (Note : Jangan merubah posisi atau dwexpression pada control di dalam datawindow object tersebut) untuk merubah layout dan content, anda cukup mengubah isi data nya saja seperti contoh berikut ini :

  1. Ubah isi data sesuai layout yang diinginkan, (note : maximum lebar tile adalah kombinasi 7 tile, dengan jumlah row yang tidak dibatasi (sesuaikan dengan kebutuhan)
  2. Isi data pada masing-masing column sesuai peruntukan, tileid: menentukan ID tile, tilename: menentukan judul tile, tileimg : icon untuk tile, disarankan menggunakan tipe transparent PNG, tilenote: tampilan yang akan muncul pada tooltip, tilewidth: menentukan lebar tile dapat berisi integer 1,2,3 sesuai kebutuhan, tilevisible: jika terisi 1 maka tile ditampilkan jika 0 tidak dimunculkan, tilecolor(r,g,b): warna pada tile jika tidak menggunakan image untuk tilebackground, tilebg: menentukan background tile image, tileevent: adalah nama event yang akan di trigger pada window object yang ditempatkan u_dwtile diatasnya
  3. Perhatikan folder res pada sample file yang digunakan untuk menyimpan resource file yang berupa gambar JPG dan PNG, file image bgrev.jpg digunakan untuk invert image ketika mouse memasuki tile.
  4. Tambahkan script pada window event resize untuk menyesuaikan lebar tile
  5. Buat event pada window object sesuai isi data tile event yang ingin di trigger
  6. Selamat mencoba, download file contoh nya pada link berikut ini DOWNLOAD PB_DWTILE

0 comments on “Datawindow Tile Menu UpdatedAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Translate ▲