Mengambil Random ID pada suatu Row di Datawindow

Baru aja ada seorang teman, menanyakan bagaimana mengambil random row pada suatu datawindow. Konsep ini juga mungkin sering ditanyakan beberapa teman yang lain dan sudah ada solusinya. Berikut adalah konsep sederhana dengan memanfaatkan PowerBuilder Function yaitu Rand(n) dimana n merupakan batas atas random number yang dihasilkan, misalnya rand(10) akan menghasilkan nilai return dari 1 s.d. 10 dimana batas bawah adalah selalu bilangan 1.

Pada contoh ini saya membuat satu window w_rand dengan satu datawindow control dw_1, satu static text st_1 dan satu command button cb_1.

datawindow object merupakan external datawindow yang diisi dengan sejumlah row dengan ID ditempatkan pada dw_1.

pada cb_1 event clicked gunakan script berikut :

Pada script tersebut jika text tertulis Start maka ia akan mengganti textnya dengan Stop dan memanggil script event timer yang berada di w_rand dgn interval 0.01 detik dan akan berhenti memanggil event timer jika cb_1 kita klik saat textnya bertuliskan Stop. Berikut script pada event timer di w_rand nya :

Script diatas akan mengambil jumlah row yang digunakan sebagai batas atas random number yang dihasilkan. dan hasil dari random number tersebut digunakan untuk mengambil id yang berada pada row di datawindownya.

Hasilnya adalah saat cb_1 Start di klik, text pada st_1 akan berganti ID setiap 0,01 detik dan akan berhenti saat cb_1 Stop di klik.

Semoga Bermanfaat!.

0 comments on “Mengambil Random ID pada suatu Row di DatawindowAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Translate ▲
%d blogger menyukai ini: