PowerBuilder IDE not Opening in Windows 10

Update : “Jika Splash Window tidak mau tertutup dan IDE tidak muncul, coba lakukan hal berikut ini, tekan Win+D dua kali, yang pertama untuk Show Desktop, yang kedua untuk Show Open Windows, maka IDE akan muncul dan Splash Window akan menghilang”

Seorang teman sesama pengguna PowerBuilder menghubungi saya, menanyakan setelah beliau membeli laptop baru dan menginstall PowerBuildernya. Namun ketika membuka PowerBuilder nya, PowerBuilder hanya menampilkan Splash Screen tanpa melanjutkan sampai membuka IDE nya.

splash_PB

Akhirnya kami berjumpa di kawasan Jakarta Barat, namun sampai berpisah belum juga berhasil menampilkan PowerBuilder IDE nya, saya menyarankan untuk mengupgrade Window 10 nya ke Pro edition.

Namun setelah beliau lakukan upgrade pun ternyata belum berhasil. Padahal saya sendiri sudah menggunakan Windows 10 sejak lama tanpa ada masalah dengan PowerBuilder.

Ternyata saya temui juga problem ini di Laptop saya yang memiliki Fitur Touch Screen. Berikut ini adalah Solusi nya :

Matikan  : “Touch Keyboard and Handwriting Panel pen and ink functionality” service sebelum menjalankan PowerBuilder.

touch_services

Lalu jalankan PowerBuilder IDE anda, dan jadilah produktif!!!

pb_ide

Harap di ingat ya, jika kita membuka Touchscreen Keyboard maka Service ini akan otomatis di start oleh Windows.

Note :
Saya coba hidupkan service ini di non touchscreen laptop, tapi ga pengaruh ya start ataupun stop, PowerBuilder IDE saya tetap jalan dan sampe hari ini saya belum dapat penjelasan kenapa bisa begitu.

kalau ada masukan dan pendapat lain, mohon tambahkan. Terima Kasih.

0 comments on “PowerBuilder IDE not Opening in Windows 10Add yours →

  1. Saya ada mencoba install PowerBuilder 10 dan 11 di Windows 10 Profesional dgn mengklik file SETUP. Setelah klik file SETUP tsb, kok tdk ada reaksi apa2x..? Hanya tampilan awal mau install. Mohon bantuan solusinya. Tks…

    1. apakah menggunakan touchscreen laptop? bisa coba dengan menginstall vcredist terbaru (download dari website microsoft) dan coba run as administrator atau matikan UAC nya lebih dulu sblm install

Tinggalkan Balasan

Translate ▲