Pertama kali dengan PowerBuilder

Ketika itu di tahun 1995, setelah musim pembuatan interaktif multimedia mulai menyurut, saya yang bekerja di PT. Triklin Rekatama mulai mendapat tugas untuk mengerjakan aplikasi bisnis.

Saya yang sama sekali belum pernah mengerjakan pembuatan program aplikasi bisnis karena sebelumnya selalu mengerjakan aplikasi interaktif multimedia mulai dari ngedesain grafis sampe programming interaksi pada aplikasi, tools yang saya gunakan adalah Adobe Photoshop, CorelDRAW, TrueSpace3D dan untuk multimedia authoringnya saya gunakan Asymetrix ToolBook.

Waktu itu mas Yudo langsung menyodorkan konsep “Revenue Management System” yang merupakan sistem pelaporan eksekutif yang berkaitan dengan revenue hasil penjualan tiket pada maskapai penerbangan Sempati Air. Konsep tersebut di sertai disket2 instalasi PowerBuilder Versi 4.0.

Beruntung konsep programming ToolBook dan PowerBuilder hampir mirip sehingga saya ngga banyak kesulitan beradaptasi membuat aplikasi dengan PowerBuilder yang waktu itu masih dipegang oleh PowerSoft (dan kini sudah dimiliki oleh Sybase).

Aplikasi tersebut dikerjakan kurang lebih 4 bulan di ruangan server yang terisolasi dengan suhu kurang dari 28 derajat celcius.

Translate ▲
%d blogger menyukai ini: