PowerBuilder bagi saya

Sebelumnya, dalam membuat aplikasi komputer saya bertemu dengan Bahasa Pemrograman yang terstruktur seperti bahasa C, namun tidak saya dalami karena tuntutan pekerjaan saya mengharuskan saya menggunakan satu tools untuk authoring (apa bedanya dengan programming ya?).

PowerBuilder saya temui sebagai tools yang memudahkan dalam membuat aplikasi, dulu pertama kali mengenal PowerBuilder, ia sudah merupakan 4GL yang memudahkan kita mempelajari bahasa pemrogrammannya. Bisa dikatakan sebagai RAD tools, karena banyak memiliki fitur-fitur yang memudahkan dan mempercepat pembuatan satu aplikasi, dengan salah satu fitur yang hingga saat ini belum tertandingi yang disebut sebagai Datawindow.

Bagi saya PowerBuilder merupakan tools yang cukup powerful dengan segudang fitur yang mampu membantu saya menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan saya.

19 comments on “PowerBuilder bagi sayaAdd yours →

  1. Salam kenal Pak Zulmach, sy Dian…. karyawan swasta ….. sy coba buat program laporan menggunakan powerbuilder tp ketika laporan itu di save as ke excel yg muncul data ya tidak sesuai dengan tampilan laporan yg sy buat, bagaimana caranya ketika di save as ke excel sesuai dengan tampilannya ?

    1. Hai salam kenal kembali.
      Utk save as ke excel, pb hanya mengikuti query yg di bentuk pada datawindow nya.
      Nah utk mengikuti format tampilan kita bisa gunakan library dw2xls yg bisa di search dan download dsri https://pbl.pbdev.id ada sample nya juga yg bs di pelajari.

  2. Alhamdulillah ketemu web ini, sangat bersyukur, salam kenal Pak Zulmach, saya pertama ketemu web ini melalui komentar Bapak di blog blog yang mengarahkan download installer nya, boleh email email ya Pak ,salam , semoga sehat selalu .

  3. Alhamdulillah ketemu web ini, sangat bersyukur, salam kenal Pak Zulmach, saya pertama ketemu web ini melalui komentar Bapak di blog blog yang mengarahkan download installer nya, boleh email email ya Pak ,salam , semoga sehat selalu .

  4. salam kenal pak zulamach, saya anseno karyawan swasta yang baru mulai belajar PB. mohon bimbingannya

  5. Pak, pada script editor pilih tab declare variable, diatas pada dropdown listbox pilihan declare global atau shared atau instance variable itu ada pilihan untuk declare juga global atau local external function. nah pilih misalnya local external function untuk membuat declarasi external function yg terdapat di file DLL tadi, contoh pemanggilan SDK/DLL atau API (Application Programming Interface) bisa liat contoh di

    http://www.pbdr.com/pbtips/indexap.htm

  6. Salam kenal Pak Zulmach, saya dwi. barusan buka web blog ini sangat kagum dg portfolio bpk. skg saya lagi belajar pemrograman PB. kalau ada masalah bisa konseling ke bpk g?kalau cari contoh aplikasi fingerprint untuk powerbuilder ada g?matur suwun…

    1. Salam kenal juga mas dwi, silahkan aja, apa yang saya bisa bantu akan saya usahakan. contoh aplikasi fingerprint sebetulnya sama aja dengan aplikasi yang pake perangkat input seperti misalnya barcode reader, biasanya tiap fingerprint reader punya driver dan SDKnya, tiap perangkat reader bs beda2 function dalam sdknya, coba baca lagi referensinya, selalunya memanfaatkan ole object atau external function (utk bisa memanggil fungsi yg ada di DLL dari SDKnya).

      1. thank P. Zulmach atas responnya, saya msh bingung cara penggunaannya SDK, coz SDK yg ada pada VB6 dan Delphi. gmn caranya memasukkan file SDK (dll) dan eventnya apa saat baca fingerprint?thank P. Zulmach…

  7. ass…saya kuliah di salah satu universitas teknik informatika suasta di banten……!! boleh kah saya minta solusi…..bang..???
    saat ini saya bingung memilih jurusan
    dan ada 3 pilihan
    1.multimedia
    2.pemrograman web
    3.progremer
    & sebener nya menginginkan progremer…dan pengen bisa PB…tp sebagai pemula di PB..saya ingin
    mendalami nya…!!
    dan bagai mana belajar PB seperti pumula…??

    1. 🙂 kl lg bingung biasanya org cari pegangan.
      tapi kalo milih jurusan kuliah umumnya org akan mencari
      bidang atau peminatan yang disukai. jadi kalo inginnya jadi
      programmer ya fokuskan aja ke area itu, supaya kalo mau ahli sebaiknya fokus.
      dan ngomong2 tau informasi mengenai PB udah sejauh apa tuh?
      kalo mau mendalami PB ya jangan berhenti belajar, kl dulu saya belajar PB karena terpaksa
      dan ga ada sumber ilmu nya selain tombol F1 (Help) dan keinginan utk ngoprek lebih jauh.
      skrg di internet sebetulnya udah banyak juga materi pembelajaran powerbuilder.
      kl kepengen tanya2 soal PB boleh kontak saya.

    1. wkwkwkwk LOL (ngakak ))… ga lah say….ituu maksutee curhat doang…. (sorry zulmach gw balas ndui yaaak))

  8. Salam kenal Pak Andhi, tentu saja saya terbuka pak, mungkin pak Andhi bisa sharing pengalaman menggunakan PowerBuilder pak?

  9. Saya seorang programer power builder di salah satu RS negeri di jawa tengah. Boleh dong kapan-kpan saya tanya-tanya kalo ada kesulitan dlm pembuatan aplikasi dengan PB ?

Tinggalkan Balasan

Translate ▲